Menanam Pohon dengan Nge-tweet Bersama Pertamina

Menanam pohon dengan nge-tweet bersama Pertamina, kurang lebihnya demikian yang dapat diterjemahkan dari salah satu program CSR (Corporate Social Responsibility) yang bertajuk “Kartini Sobat Bumi”. Melalui program ini kita dapat mengkonversi setiap dua tweet menjadi satu bibit pohon untuk ditanam dan dirawat oleh Pertamina.

Program Kartini Sobat Bumi merupakan salah satu realisasi program Menabung 100 Juta Pohon sebagai bentuk tanggung jawab Pertamina terhadap lingkungan (CSR; Corporate Social Responsibility). Program ini sebenarnya telah diluncurkan menjelang peringatan Hari Kartini, April silam. Namun lantaran saya jarang ngetweet, jadinya baru mengetahui belakangan.

Melalui program Kartini Sobat Bumi ini tampaknya Pertamina mencoba mengajak masyarakat Indonesia untuk berkontribusi dalam perbaikan bumi. Dengan memanfaatkan twitter, salah satu jejaring sosial yang sangat banyak digunakan di Indonesia, setiap orang bisa turut serta dengan membuat status (tweet) berkaitan dengan penanaman pohon, ajakan aksi penghijauan, atau inspirasi untuk melestarikan bumi. Jumlah tweet kemudian dikonversi menjadi bibit pohon yang ditanam dan dirawat oleh Pertamina.

Secara lengkap persyaratannya adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah tweet dengan hashtag #sobatbumi berkaitan dengan penanaman pohon, ajakan aksi penghijauan, atau inspirasi untuk melestarikan bumi. Contoh: “alam yang kita nikmati saat ini bukan milik kita tetapi titipan anak cucu kita, mari kita jaga dan lestarikan #sobatbumi.
  2. Setiap 2 tweet (tidak termasuk re-tweet) dengan hashtag #sobatbumi akan dikonversi menjadi satu bibit pohon untuk ditanam dan dirawat oleh Pertamina di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan.
  3. Setiap orang dapat memberikan tweet sebanyak-banyaknya
  4. Tweet tidak boleh mengandung unsur SARA.
  5. Bibit pohon yang dikonversi dari tweets akan ditanam dalam periode waktu 1 (satu) tahun.
  6. Laporan penanaman bibit pohon akan disampaikan pada akhir tahun 2012 melalui http://www.kartinisobatbumi.com dan http://www.pertamina.com
  7. Jumlah tweet dan pohon yang ditanam dapat dilihat di http://www.kartinisobatbumi.com dengan terlebih dahulu login (tombol login di pojok kanan atas) menggunakan akun twitter. Di sini selain memantau jumlah pohon yang telah dimiliki juga dapat mengetahui di mana lokasi penanaman pohon tersebut.

Meskipun program CSR (Corporate Social Responsibility) sudah menjadi kewajiban sebuah perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan, tampaknya seru juga ketika para pengguna twitter dilibatkan. Dengan syarat tweet berisi ajakan aksi penghijauan atau inspirasi untuk melestarikan bumi tentunya menjadi sebuah penumbuhkembangan kepedulian lingkungan terutama bagi pemilik akun twitter.

Daripada akun twitter kita monoton berisikan kicauan galau melulu, kenapa sesekali tidak kita selingi dengan tweet tentang lingkungan dan penghijauan?.

Referensi: http://www.kartinisobatbumi.com

Baca artikel tentang lingkungan hidup dan Indonesia lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

37 Balasan ke Menanam Pohon dengan Nge-tweet Bersama Pertamina

  1. 'Ne berkata:

    saya baru tahu tentang hastag #sobatbumi dan info ini dari blognya mbak ysalma, InsyaAlloh saya akan ngetweet tentang ini juga.. suka deh ada kegiatan semacam ini 🙂

    salam..

  2. Bang Aswi berkata:

    Ajakan yang unik, menarik, dan luar biasa ^_^

  3. program yang sangat bagus sekali niih ,, 😀

  4. andreetrox berkata:

    setuju, aku bantu ngetweet dah….

  5. Ely Meyer berkata:

    ajakan yang sangat berguna buat lingkungan kita

  6. Ping balik: Mengenal Pengertian Ekonomi Hijau (Green Economy) | Alamendah's Blog

  7. Ping balik: sigitari95

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.