Nama Burung Langka Itu Cochoa beccarii Bukan Cochoa beccani

Nama burung langka itu Cochoa beccarii Bukan Cochoa beccani, burung langka yang kemarin di awal bulan ini ditemukan oleh Tim Ekspedisi Bukit Barisan. Burung yang biasa disebut Ciung Mungkal Sumatera atau Sumatran Cochoa tersebut bukannya bernama ilmiah Cochoa beccani melainkan Cochoa beccarii. Cochoa beccarii dengan huruf “R” bukannya “N” dan dengan dobel “I”.

Sebagaimana diberitakan berbagai media online, Tim Ekspedisi Bukit Barisan yang terdiri atas Kopassus, Raider, TaiPur Kostrad, Wanadri, dan sejumlah akademisi berhasil menemukan spesies burung langka yang endemik Sumatera ini di kawasan hutan Gunung Singgalang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, pada 27 Maret lalu.

Setelah Alamendah mencocokkan dengan database http://www.birdlife.org dan IUCN Redlist ternyata nama latin (ilmiah) bagi burung Ciung-Mungkal Sumatera atau Sumatran Cochoa adalah Cochoa beccarii.

Burung Ciung Mungkal Sumatera

Burung Ciung Mungkal Sumatera yang ditangkap Tim Ekspedisi Bukit Barisan

Ciung Mungkal Sumatera; Burung Unik, Endemik, dan ‘Most Wanted’. Ciung-Mungkal Sumatera atau Sumatran Cochoa (Cochoa beccarii) merupakan burung endemik pulau Sumatera (endemik Indonesia) yang unik dan menjadi salah satu spesies ‘Most Wanted‘ bagi para peneliti burung Sumatera.

‘Most Wanted’ lantaran banyak peneliti yang ingin menemukan spesies burung langka ini setelah keluar masuk hutan harus rela keluar dengan tangan hampa. Catatan pengamatan terakhir terjadi pada tahun 1995, ketika seorang peneliti dari Jerman hanya berhasil mendengarkan suara kicauannya saja.

Mengenal Burung Langka Cochoa beccarii. Burung Ciung-Mungkal Sumatera (Cochoa beccarii) berukuran besar sekitar 28 cm. Bulu burung ini mempunyai warna dominan hitam mengkilat dengan mahkota, garis sayap dan pangkal ekor berwarna biru. Burung betina berwarna lebih pudar dari yang jantan, dengan pipi dan tenggorokan berwarna kekuningan krem.

Suara burung Ciung-Mungkal Sumatera (Cochoa beccarii) ini sangat khas, menyerupai siulan manusia. Sedikitnya ada dua macam suara kicauan burung ini. Pertama siulan “siiiit” yang tenang, lemah, atau bernada tinggi. Dan kedua suara siulan “sip” pendek yang dikeluarkan sewaktu terbang.

Sebagai hewan endemik Indonesia (Sumatera) burung Ciung-Mungkal Sumatera (Cochoa beccarii) mempunyai daerah persebaran di sekitar Gunung Singgalang, Gunung Kerinci, Berastagi, Tanjung Barus, Barung Baru, Taman Nasional Kerinci Seblat, Gunung Dempo dan beberapa lokasi di kawasan Pegunungan Bukit Barisan Selatan. Hidup di habitat hutan dengan ketinggian 1200 – 1600 m dpl.

Meskipun bukan termasuk satwa yang dilindungi oleh hukum Indonesia, burung langka ini tercatat dalam database birdlife dan IUCN Redlist dalam status vurnerable atau rentan punah. Populasinya diperkirakan sekitar 3.900-7.800 individu.

Meskipun tanpa sengaja salah menuliskan nama ilmiah hewan ini dengan mengganti huruf “R” menjadi “N”, Alamendah tetap salut kepada media-media yang telah mewartakan kabar gembira ditemukannya kembali spesies burung langka Cochoa beccarii ini.

Lebih bangga lagi kepada para anggota pasukan Kopassus, pasukan Raider, pasukan TaiPur Kostrad, dan anggota Wanadri yang telah menemani para peneliti dan akademisi. Bersatu dalam sebuah Tim Ekspedisi Bukit Barisan. Usaha mereka untuk menyibak hutan tropis Sumatera dan menggali kekayaan hayati di dalamnya tidak sia-sia.

Semoga ke depannya anggaran negara untuk melakukan berbagai ekspedisi guna mengeksplorasi kekayaan hayati Indonesia semakin ditingkatkan. Dari pada sekedar membangun ruang yang nyaman bagi para anggota parleman kita untuk ‘tidur’ atau ‘nonton vidio porno’.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Aves; Ordo: Passeriformes; Famili: Turdidae; Genus: Cochoa; Spesies: Cochoa beccarii Salvadori, 1879.

Referensi dan gambar:

Baca artikel tentang burung dan alam lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di burung, satwa dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

45 Balasan ke Nama Burung Langka Itu Cochoa beccarii Bukan Cochoa beccani

  1. Nova Renza berkata:

    klo burung yg langka dan ada di indonesia ada pa g???

  2. Nova Renza berkata:

    klo gmbr burng nuri ada mas??

  3. Ping balik: Burung Kacamata Sangihe (Zosterops nehrkorni) | Alamendah's Blog

  4. Yopita dwi listya berkata:

    Duch pusing mkr nma burung2 nc bnyk bgt…

  5. irawan setyoadi berkata:

    USUL KALO BOLEH : ADA DAN LENGKAP SEMUA NAMA JENIS BURUNG, TERUTAMA INDONESIA, TERIMA KASIH.

  6. Nila D Pratiwi berkata:

    saya punya burung ciri2 mirip bnget yg ada di gambar trsbut. yg anda ksih nama chocoa becarii/ ciung mungkal.
    ciri-cirinya ;
    warna ; sayap, ekor & kepala bagian atas warna biru tua mengkilap. dada & punggung warna hitam.
    ukuran ; sedang. lebih gede dari cucak ijo.
    makanan kesukaan ; ulat
    bunyi ; siiiiiiiitt agak panjang,& siip pendek dengan suara yg alus
    umur ; 7-8 bulan.
    Sekarang udah makan por. apabila ada yang berminat, hubungi saya di 085219263571. Saya tinggal di Jakarta.
    sekian dan terima kasih.

    • yuri berkata:

      Klo ak pny burung ciri2ny warna dasar hitam semua tapi didada dan lehernya ada trotolan warna ungu trs di mata kiri dan kanan ada jambul panjang menyerupai bulu mata burung apa it?aku bli yg jual nggak tau namanya tp kt ny langka

  7. Ping balik: Burung Mabruk Si Dara Mahkota | Alamendah's Blog

  8. yuri berkata:

    Suka mkn jangkrik dan poor skg?aku tanya ke org ngak ada yg tau.blum bunyi kt yg jual msh anakan mohn pencerahan nya?:hub atw sms 08127872789 tq please?

  9. yuri berkata:

    Bentuk kepala agak kotak mirip murai panjang sekitar 17cm ada trotolan ungu mirip anis kembang.please komenya atw sms 08127872789

  10. saya pernah lihat burung ini di sebuah toko burung di kota saya,Bogor.saya selalu melihatnya setiap pulang sekolah.waktu itu saya belum tahu jenis burung apa itu.namun karena bulunya yang indah,saya berniat ingin membelinya.namun ternyata disana sudah sudah tidak ada lagi,mungkin sudah terjual.pas lagi baca2 artikel disini saya sangat terkejut bahwa burung ini burung langka yg terancam punah… T.T
    oh iya ada postingan tentang Javan Cochoa gak mas?saudara burung ini..Terimakasih

  11. mada berkata:

    ciung mungkal kok mirip cucak biru/cucak gadung… bedanya apa ya? saya punya satu di rumah… Tg.Uban bintan kepri.

  12. Ping balik: Daftar dan Gambar Burung Langka Sumatera | Alamendah's Blog

  13. Ping balik: Daftar Hewan Endemik Pulau Sumatera | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.