Estafet Tunas Kelapa

Estafet Tunas Kelapa atau biasa disingkat ETK merupakan salah satu tradisi dalam Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah dalam menyongsong Hari Jadi Pramuka (14 Agustus). Kegiatan ini berupa jalan kaki sepasukan Pramuka dengan membawa berbagai atribut seperti bendera Merah Putih, bendera Pramuka, Obor, tunas kelapa dan beberapa atribut lainnya. Estafet tunas kelapa dilakukan secara beranting (estafet) dengan jarak setiap etape lebih kurang 5 km.

Saya saat menjadi Pasukan ETK

Saya saat menjadi Pasukan ETK

Sewaktu saya masih MTs (setingkat SMP), kebetulan saya berkesempatan menjadi Pasukan Inti Estafet Tunas Kelapa dua tahun berturut-turut. Kegiatan melelahkan yang sarat nilai-nilai patriotisme, kedisiplinan, persatuan dan pantang menyerah.

Dan kebetulan dua hari ini saya ganti menjadi pelatih Estafet Tunas Kelapa di Kwartir Ranting Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Jakenan sendiri menyiapkan dua pasukan ETK yang masing-masing pasukan terdiri atas 61 personil. Ke-61 personil ini disebut sebagai Pasukan Inti yang terbagi menjadi tiga kelompok dengan susunan sebagai berikut:

  • Kelompok pertama terdiri atas 2 orang yang membawa spanduk.
  • Kelompok kedua terdiri atas 9 orang pembawa bendera Merah Putih, 1 orang pembawa obor, 1 orang pembawa amanat Gubernur dan 1 orang pembawa pesan dan kesan.
  • Kelompok ketiga terdiri atas 20 orang pembawa bendera Gerakan Pramuka, 14 orang pembawa tunas kelapa (cikal), 2 orang pembawa obor cadangan, 1 orang pembawa lampu badai, 1 orang pembawa dirigen minyak dan 1 orang pembawa bendera morse.
  • Kelompok keempat terdiri atas 8 orang yang membawa tongkat pramuka.

pasukan estafet tunas kelapaSelain Pasukan Inti yang terdiri atas 61 orang bisa ditambah dengan Pasukan Pengembira yang berjalan di belakang pasukan inti. Susunan Pasukan pengembira disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Estafet Tunas Kelapa (ETK) tahun 2009 ini merupakan Estafet Tunas Kelapa ke-29 yang sekaligus sebagai momentum memperingati Hari Pramuka ke-48 dan Hari kemerdekaan ke-62.

Kegiatan yang mengambil tema “Pramuka Perekat Persatuan Bangsa” dan dengan motto “Disiplin, Berani, dan Setia” ini dilaksanakan sejak tanggal 1 Agustus 2009 sampai dengan tanggal 12 Agustus 2009 dengan mengambil start dari 14 (empat belas) titik penjuru yang berada di Jawa Tengah.

Keempat belas titik pemberangkatan tersebut adalah:

  1. Kabupaten Brebes
  2. Kota Pekalongan
  3. Kabupaten Kendal
  4. Kabupaten Kudus
  5. Kabupaten Jepara
  6. Kabupaten Blora
  7. Kabupaten Sragen
  8. Kabupaten Karanganyar
  9. Kabupaten Wonogiri
  10. Kabupaten Klaten
  11. Kabupaten Cilacap
  12. Kabupaten Banyumas
  13. Kabupaten Banjarnegara
  14. Kabupaten Wonosobo

Dari ke-14 titik pemberangkatan tersebut akan melewati seluruh Kabupaten di Jawa Tengah untuk selanjutnya akan menuju satu titik di Bumi Perkemahan (Buper) Munjul Luhur Purbalingga sebagai tempat dilangsungkannya Upacara Peringatan Hari Pramuka Tingkat Daerah Jawa Tengah ke-48 Tahun 2009.

Pasukan ETK (foto: Suara Merdeka)

Pasukan ETK (foto: Suara Merdeka)

Pasukan yang tadi sore saya latih akan melaksanakan tuganya besok pada tanggal 8 Agustus 2009  yang akan meneruskan estafet yang dimulai dari Kabupaten Blora, melewati Rembang, Pati, Kabupaten Purwodadi dan seterusnya hingga mencapai Kabupaten Purbalingga.

Beberapa ketentuan lainnya:

  • Estafet Tunas Kelapa dimulai pukul 08.00 dan finish pada pukul 16.00 untuk disemayamkan sementara dan dilanjutkan esok harinya.
  • Setiap harinya diharapkan mampu menempuh jarak 40 – 46 Km (8 – 9 etape).
  • Estafet Tunas kelapa dilakukan dengan berjalan kaki kecuali pada rute-rute yang terlalu sulit dapat melakukan moving personil dengan menggunakan mobil.
  • Petugas Estafet Tunas kelapa diambilkan dari Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak.
  • Untuk selain provinsi Jawa Tengah saya tidak mempunyai data, ada atau tidaknya Estafet Tunas kelapa ini. Mungkin rekan-rekan bisa ikut sharing.

Baca juga:

Anda dapat melihat daftar seluruh tulisan di: Daftar catatan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di kegiatan alam bebas, organisasi, pendidikan, pramuka dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

84 Balasan ke Estafet Tunas Kelapa

  1. Ping balik: Agustus, Pramuka, dan Bloging « Alamendah's Blog

  2. A. Farokhim, S.Pd berkata:

    Pemberangkatan ETK dari 14 Kota di Jawa Tengah ada kesalahan.
    Titik pemberangkatan Kota kedua bukan Kabupaten Pekalongan, melainkan Kota Pekalongan yang diberangkatkan dari Sanggar Pramuka , Jl. Sriwijaya 18 Pekalongan pada hari Minggu tanggal 9 Agustus 2009 pukul 14.00 WIB.

  3. rika putri berkata:

    prmuka tu wat aq..
    indah bnget n penuh bnget dgn pngalaman na …
    bz dblang luas bngt…

    aq, mzh kut prmuka lho..!!
    wa qu pramuka aq bngetz..
    i lu v u scout…

  4. fadjar29 berkata:

    Salam Pramuka !

    Salam
    Fajar
    http://fadjar29.blogspot.com/

  5. Ping balik: Raimuna X Kwartir Daerah Jawa Tengah 2009 | Alamendah's Blog

  6. Tunas berkata:

    Salam Pramuka…..!

  7. Ping balik: Yel Pramuka Tentang Sampah | Alamendah's Blog

  8. Ping balik: Hari Ini Jamnas 2011 Dimulai | Alamendah's Blog

  9. Ping balik: Peringatan Hari Pramuka ke-50 Tahun 2011 | Alamendah's Blog

  10. Ping balik: Foto-foto Presiden SBY Memakai Seragam Pramuka | Alamendah's Blog

  11. afif berkata:

    terimakasih atas informasinya ya kakak…

    sangat membantu bagi saya untuk menambah pengetahuan kepramukaan saya.

  12. Dwiono Hermantoro berkata:

    Salam Pramuka,
    Pada awal tahun 90an saya telah menciptakan lagu Estafet Tunas Kelapa dan telah direkam serta disebarkan melalui rapat para Andalan dari Kwarcab di Kwarda Semarang. Saya lupa tahunnya, yang saya ingat sebelum acara estafet tunas kelapa dilaksanakan.
    Hasrat saya lagu itu dapat dinyanyikan sepanjang perjalanan dan juga dinyanyikan sewaktu datang dan berangkat dari pos ke pos.
    Kalau kakak ingat saya nama panggilan Heru, waktu itu bekerja sebagai Andalan di Kwarcab Surakarta bersama kak Suroto almarhum.

    Salam.

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.