Anjing Tanah atau Orong-orong

Anjing tanah atau orong-orong merupakan serangga yang hidup di tanah dengan ciri khas sepasang tungkai depan yang termodifikasi menyerupai cangkul bergerigi. Bagi anjing tanah (orong-orong), tungkai ini berfungsi untuk menggali tanah atau berenang.

Jadi anjing tanah di sini bukanlah judul lagu milik Burger Kill yang berkisah tentang sosok pengumbar nafsu. Bukan pula lagu dangdut koplo dengan judul Angge-angge Orong-orong yang dinyanyikan Wiwit Sagita dan Brodin, dua artis andalan OM. New Palapa Jawa Timur.

anjing tanah (orong-orong)

anjing tanah (orong-orong)

Anjing tanah ini adalah sebangsa serangga dari famili Gryllotalpidae yang dalam bahasa Jawa lebih sering disebut sebagai orong-orong atau keredek. Orang Sunda menyebutnya sebagai gaang, dan dalam bahasa Toba lebih dikenal sebagai singke. Binatang yang sering dinamai juga sebagai gangsir tanah ini dalam bahasa inggris dikenal sebagai mole cricket.

Selain sepasang tungkai depannya yang besar dan bergerigi, anjing tanah mempunyai bentuk kepala khas yang besar dan bercangkang keras. Hewan ini juga memiliki sepasang sayap kecil. Warna tubuhnya mulai dari kecoklatan hingga hitam dengan panjang tubuh berkisar antara 27-35 mm. Sekilas tampang serangga ini memang menakutkan dan primitif. Tidak menherankan, karena diperkirakan anjing tanah (mole cricket) telah ada sejak 35 juta tahun silam.

Orong-orong atau anjing tanah merupakan hewan nokturnal yang beraktifitas di malam hari. Hewan ini juga mampu mengeluarkan suara melalui organ stridulasi seperti jangkrik, meskipun suaranya terdengan lebih monoton ketimbang jangkrik. Anjing tanah mengeluarkan suaranya dari dalam lubang persembunyian atau rumah yang berupa terowongan di dalam tanah.

Binatang yang sering ditemukan di pemukiman ini ternyata mempunyai kemampuan terbang yang jauh. Orong-orong mampu terbang sejauh 8 km ketika sedang berusaha mencari pasangan kawin.

Anjing tanah merupakan binatang karnivora yang memakan larva-larva serangga lain dan cacing tanah. Namun sering kali orong-orong juga memakan akar, tunas-tunas tanaman, dan rerumputan. Pemangsa alami orong-orong bermacam-macam, mulai dari burung, ayam, tikus, sigung, hingga rubah.

Diperkirakan ada sekitar 60 jenis anjing tanah di seluruh dunia. Spesies orong-orong ini terkelompokkan dalam tiga genus yaitu Gryllotalpa, Scapteriscus, dan Neocultilla. Di Indonesia terdapat beberapa spesies orong-orong diantaranya adalah Gryllotalpa orientalis, G. hirsuta, G. africana, G. hexadactyla, dan G. brachyptera.

Serangga bernama anjing tanah ini ternyata dapat ditemui di hampir seluruh wilayah di bumi kecuali di darah kutub. Orong-orong mendiami habitat ladang yang kering, pekarangan rumah, dan lapangan perut. Binatang ini membuat lubang di tanah sebagai tempat tinggal.

Bagi manusia, orong-orong dianggap kurang bermanfaat bahkan sering kali mnjadi hama pertanian. Mereka sering memakan tunas-tunas padi dan sistem perakaran berbagai tanaman pertanian. Namun di kawasan Asia Timur, anjing tanah terkadang disantap manusia. Di China, sekresi orong-orong dimanfaatkan sebagai campuran obat. Selain itu binatang bertungkai besar ini sering dijadikan pakan burung.

Sekarang selain tahu anjing tanah milik Burgerkill dan Angge-angge Orong-orong kepunyaan Wiwit Sagita dan Brodin, masih ada orong-orong dan anjing tanah lainnya. Tapi ngomong-ngomong ada yang hafal lirik kedua lagu tersebut, gak?

Klasifikasi Ilmiah: Kerajaan: Animalia; Filum: Arthropoda; Kelas: Insecta; Ordo: Orthoptera; Upaordo: Ensifera; Superfamili: Grylloidea; Famili: Gryllotalpidae; Genus: Gryllotalpa, Scapteriscus, dan Neocultilla. Spesies: (diantaranya) Gryllotalpa hirsuta, Neocurtilla hexadactyla, Gryllotalpa gryllotalpa, Gryllotalpa orientalis, Scapteriscus
borellii, dll.

Referensi dan gambar: wikipedia.org

Baca artikel tentang alam lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di satwa dan tag , , , , , . Tandai permalink.

99 Balasan ke Anjing Tanah atau Orong-orong

  1. ilham berkata:

    kasi tau donk,jwbanya

  2. Siti Fatimah berkata:

    Ayah saya sedang sakit, kemudian bermimpi disuruh makan hewan gaang ini.. saya bisa dapatkan dimana ya hewan ini?????? mohon bantuannya ya,,,kasih info dimana saya bisa beli atau bisa saya dapatkan..

    • acuy berkata:

      Allhamdullialh…sy dpt forum ini kebetulan g bahas ga’ang ato anjing tanah…sy ksh background dl nih, asalnya sy iseng mau ternak belut……..eh pada mati lalu muncul dari bekas tempat ternak belut ini binatang yang saya kira belut ya ga’ang-ga’ang tersebut mungkin jika berminat bs contek email saya, saya mau chek dulu keberadaan mereka…

      • abel culun berkata:

        banyak ga pak gaangnya?bisa di kirim ke email saya asal muasalnya kenapa muncul gaang di bekas peternakan belut bapak…

    • viktor berkata:

      Orong-orong bisa ditemukan di sawah. Terutama di galengan. Dulu waktu masih sekolah suka mancing iwak kutuk (ikan gabus) dengan umpan gaang.

  3. Taslan Aja berkata:

    klo bersuara gak pake napas

  4. Bentuknya serem banget ya? 🙂

  5. alpijhon berkata:

    orong2 di buat utk obat apa ya;;;;;;;;;;klu ditempatku malam hari banyak yang keliaran berapa utk 1 ekornya

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.