Kakatua Putih Langka tapi Tidak Dilindungi

Kakatua putih merupakan burung endemik langka yang ternyata belum masuk kategori binatang yang dilindungi. Burung kakatua yang endemik Maluku Utara ternyata tidak terdaftar sebagai salah satu burung yang dilindungi di Indonesia.

Burung kakatua putih yang dalam bahasa latin disebut Cacatua alba, merupakan salah satu dari 7 spesies kakatua yang dipunyai Indonesia. Bahkan merupakan satu dari 3 jenis kakatua yang hanya terdapat di Indonesia (endemik).

Kakatua putih (Cacatua alba) belum dilindungi

Kakatua putih (Cacatua alba) belum dilindungi

Burung kakatua putih (Cacatua alba) yangdalam bahasa inggris disebut White Cockatoo atau Umbrella Cockatoo ini berukuran sekitar 46 cm. Bulu burung endemik ini hampir seluruhnya berwarna putih. Ciri khas yang menarik dari kakatua putih adalah jambul yang dipunyainya. Jambul ini dapat ditegakkan bila burung tersebut merasa terkejut, takut, ataupun gembira.

Ciri-ciri lainnya, burung ini memiliki mata berwarna cokelat atau hitam, sedangkan paruhnya berwarna abu-abu tua. Bulu-bulu terbang dan ekornya putih berwarna kuning. Burung kakatua betina serupa dengan burung jantan.

Burung kakatua putih (Cacatua alba) merupakan endemik Indonesia. Daerah sebarannya meliputi beberapa pulau di kawasan Maluku Utara seperti pulau Halmahera, Ternate, Tidore, Kasiruta, Mandiole dan Bacan.

Hingga saat ini kakatua putih belum termasuk dalam daftar satwa yang dilindungi di Indonesia. Karena itu tidak sulit menemukan burung di diperdagangkan bebas di pasar-pasar burung di Jawa. ProFauna mensinyalir sedikitnya 100 burung kakatua putih diperdagangkan tiap tahunnya. Di pasar burung sendiri (2006) seekor burung kakatua dijual rata-rata seharga Rp 500.000,00 perekornya.

Kakatua putih saat menegakkan jambulnya

Kakatua putih saat menegakkan jambulnya

Selain perdagangan bebas, deforestasi hutan baik oleh penebangan liar, alih fungsi maupun kebakaran hutan pun turut memberikan andil signifikan menurunnya populasi burung kakatua putih di habitat aslinya.

Menurut data IUCN Redlist, diperkirakan populasi burung kakatua putih (1992) sebanyak 42.545-183.129. Dari tahun ke tahun populasinya mengalami penurunan hingga mencapai 70 %. Karean itu sejak tahun 1994, IUCN Redlist memasukkan kakatua putih dalam status konservasi Vulnerable (Rentan). Sedangkan CITES memasukkannya dalam daftar Apendiks II.

Si Cantik Berjambul Putih ini memang sangat mempesona. Tetapi pastinya burung kakatua putih (Cacatua alba) akan semakin mempesona setiap orang jika dapat bertahan lestari di alam bebasnya.

Klasifikasi ilmiah. Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Aves; Ordo: Psittaciformes; Famili: Psittacidae; Genus: Cacatua; Spesies: Cacatua alba. Nama Indonesia: Kakatua putih. Nama Inggris: White cockatoo, Umbrella cockatoo.

Referensi:

Baca artikel tentang alam lainnya:

 

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di satwa dan tag , , , , . Tandai permalink.

76 Balasan ke Kakatua Putih Langka tapi Tidak Dilindungi

  1. Ping balik: Keanekaragaman Hayati Di Indonesia | rizki2812

  2. Ping balik: Jalak Putih Marak di Sangkar Langka di Alam | Alamendah's Blog

  3. kiki berkata:

    cara berkembang biak, dan peran organisme kakatua putih di alam dan bagi manusia bagaimana?
    Tolong di jawab…

  4. Ping balik: Daftar Hewan Endemik Indonesia « zainab76

  5. Ping balik: CONTOH DAFTAR HEWAN ENDEMIK INDONESIA « sababjalal

  6. Ping balik: Kehicap Boano Burung Langka yang Terabai | Alamendah's Blog

  7. pingi berkata:

    sungguh saran yang sangat bijak,,,,,mau tanya tolong di jawab,kakak tua outih itu berasal dari mna??/

  8. Ping balik: mabelherman

  9. Ping balik: Kakatua Raja Si Hitam Terbesar | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.